Sunday, May 6, 2018

PENDERITA DIABETES SEBAIKNYA MENGKONSUMSI GULA INI




Gula semut mengandung serat yang dikenal sebagai inulin. Serat ini dapat membantu memperlambat penyerapan  glukosa, sehingga  menawarkan alternatif bagi mereka yang menderita diabetes.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa inulin dapat membantu mengurangi penyerapan glukosa, oleh karena itu dapat menjaga kadar glukosa tetap dalam index terkontrol.

Index Glikemik mengukur efek karbohidrat pada gula darah, Gula semut hanya diperingkat 35 pada index ini,Sementara gula pasir biasa menempati peringkat 60-70. Makanan yang indeks glikemiknya tinggi akan menimbulkan peningkatan gula darah

Oleh departemen biokimia dan terapi diet di pusat penelitian nutrisi taabriz university of medical sciences menunjukkan bahwa inulin dapat membantu wanita dengan diabetes tipe 2 , meningkatkan kadar glikemik dan antioksidan sambil menurunkan kadar malondialdehyde,(yaitu penanda stress oksidatif)

Dengan  citarasanya yang khas, gula semut populer sebagai pemanis dalam segala hal , mulai dari kopi,susu hingga sebagai pemanis pada makanan & snack.

American Diabetes Association mengumumkan bahwa meskipun tidak masalah bagi mereka yang menderita diabetes untuk menggunakan gula semut sebagai pemanis pada rencana diet diabetes dan menggunakan gula semut dengan takaran seperti menggunakan gula pasir pada umunya. karena gula semut juga mengandung banyak kalori dan karbohidrat.

Ada sekitar 15 kalori  dan 4 gram karbohidrat per sendok teh gula semut


No comments:

Post a Comment

GULA SEMUT BERMANFAAT UNTUK USUS ANDA

Seperti di sebutkan sebelumnya, gula semut mengandung inulin. Inulin ini memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan bifido bakter...